menggunakan komputer secara bijak

Cara Mengaplikasikan Komputer Kepada Anak Sejak Usia Dini

Kegiatan Dilihat: 907

Dalam kehidupan saat ini tidak dipungkiri lagi bahwa teknologi sudah menjadi bagian hidup dari masyarakat. Teknologi bahkan tidak memandang usia, baik anak-anak, remaja dan orang dewasa dapat menggunakan teknologi.Akan tetapi kebanyakan orang tua saat ini merasa serba salah jika anak mereka bersahabat dengan computer.

Di satu sisi mereka ingin anak mereka tidak gagap teknologi da bias belajar banyak melalui computer, akan tetapi di sisi lain mereka khawatir dengan dampak negative yang sering ditimbulkan dari penggunaan komputer yang tidak tepat.Berikut ini adalah beberapa cara mengaplikasikan komputer kepada anak:

  1. Kenalkan komputer pada anak sesuai dengan usia mereka. Pilihkan program aplikasi yang tepat bagi mereka. Jangan biarkan mereka membeli atau meminjam program tanpa sepengetahuan Anda.
  2. Temani anak saat mereka menggunakan komputer. Arahkan dan bimbing mereka dalam komunikasi yang hangat. Ada baiknya menggunakan kata kunci (password) agar anak tidak menggunakan komputer tanpa pengawasan orang dewasa.
  3. Jangan perlihatkan semua program komputer yang akan Anda berikan kepada anak. Berikan satu per satu, tahap demi tahap. Dengan menyusun tahap sendiri, Anda dapat lebih selektif memilih program komputer yang dapat memenuhi kebutuhan anak.
  4. Orang tua hendaknya terus mengembangkan kemampuan dan keterampilan menggunakan komputer. Terkadang yang terjadi malah sebaliknya, anak sudah menjadi lebih “canggih” dari pendidik dan orang tua mereka. Hal tersebut dapat mengakibatkan pengawasan dan bimbingan menjadi terbatas pada kemampuan pendidik atau orang tua saja 
  5. Jangan membuat peraturan Anda sendiri,libatkan anak agar merasa bertanggung jawab melaksanakan peraturan yang dibuat bersama. Pengaturan waktu perlu dilakukan agar anak tidak berpikir bahwa bermain komputer adalah satu-satunya kegiatan yang menarik baginya.
  6. Memilih program yang dapat memotivasi dalam bidang pendidikan atau kehidupan ,yang harus diperhatikan dalam memilih program computer untuk  anak adalah program latihan dengan pengulangan yang cocok dan memberikan informasi belajar, baik itu mengeja kata, berhitung, angka dan juga kosakata.
Cetak