Tips mengelola waktu secara efektif

5 Tips Pengelolaan Waktu Efektif Untuk Hasil Yang Optimal

Pengetahuan Dilihat: 21942

Sobat online, kalian tahu nggak kalau kita mau berhitung, jumlah kewajiban yang harus kita selesaikan dalam hidup lebih banyak daripada waktu yang tersedia. Itulah sebabnya walau semua orang diberi jatah waktu sama, prestasi dan pencapaian mereka dalam hidup berbeda-beda.

Rahasianya adalah mereka yang unggul bisa mengatur waktu dengan sangat baik. Jika dalam sepekan orang seusianya hanya bisa menyelesaikan satu atau dua target prestasi, dia bisa mencapai 10, 20 atau bahkan lebih.

Nah sobat, ada beberapa tips yang bisa sobat jalani agar waktu kalian bisa berdaya guna secara optimal, diantaranya :

  1. Selesaikan Pekerjaan Dengan Prioritas Lebih Penting
  2. Ketika bekerja atau melakukan kegiatan lainnya di dalam kehidupan anda, sangat penting untuk selalu menyelesaikan yang paling penting terlebih dahulu. Baru setelah itu disusul dengan berbagai kegiatan lainnya. Ini akan memudahkan Anda dalam mengelola pekerjaan. Dan anda memiliki sejumlah waktu yang memadai untuk menyelesaikan setiap pekerjaan.
  3. Katakan “TIDAK” Untuk Kegiatan yang Tidak Penting
  4. Hal-hal yang sering kita lakukan adalah membuang waktu untuk kegiatan yang tidak begitu penting. Hal ini justru akan membuat kita rugi dan tidak mendapat apa-apa. Maka dari itu mulailah berkomitmen untuk tidak membuang waktu bagi kegiatan atau hal yang tidak terlalu penting yang hanya akan membuang sejumlah waktu anda yang sangat berharga.
  5. Istirahat Cukup Lebih Kurang 7-8 Jam Sehari
  6. Jangan sepelekan waktu tidur anda dengan berbagai hal yang tidak berguna,misalnya begadang yang tak ada artinya atau bermain game online hingga pagi.Hal-hal tersebut akan mengganggu jam tidur anda,dan juga sejumlah aktivitas yang akan anda lakukan pada pagi hari juga jadi terganggu.Misalnya saat anda kerja ,anda akan sulit fokus dalam menyelesaikan berbagai tugas dan juga pekerjaan anda karena kurang tidur dan istirahat yang cukup.
  7. Jadikan Pekerjaan Utama sebagai Sebuah Kebiasaan
  8. Ini akan sangat menyenangkan jika bisa anda menerapkan Pekerjaan Utama sebagai Sebuah Kebiasaan di dalam kehidupan.Dengan begitu anda akan merasa ringan dalam bekerja tidak terasa lelah karena anda sudah terbiasa melakukan pekerjaan tersebut sebagai sebuah kebiasaan anda
  9. Berolahraga Dan Makan Makanan Bergizi
  10. Jangan melupakan kegiatan olahraga agar tubuh Anda tetap sehat dan bugar ketika beraktivitas. Makan makanan yang baik dan memiliki asupan gizi yang cukup supaya tubuh tetap sehat dan siap untuk melakukan berbagai kegiatan harian.Kadang-kadang saat kita bersemangat dalam pekerjaan ,kita juga sering lupa membagi waktu untuk berolahraga,oleh karena itu kita juga harus bisa membagi waktu untuk olahraga.

 

Cetak